+ -

Pages

Jumat, 04 April 2014

Kenapa kamu harus ikut pemilu?

PEMILIHAN Umum atau Pemilu 2014 sudah di depan mata nih, Sob! Sebagian besar dari kalian pasti semangat nyoblos untuk pertama kalinya ya. Eits... tapi ternyata banyak juga loh pemilih muda yang nggak semangat buat ikut serta di pesta kedaulatan rakyat ini. Padahal pemilu legislatif dan pemilu presiden sama-sama menentukan nasib Indonesia ke depannya.

Ini dia kesempatan pertama kalian buat ngerasain gimana sih Pemilu sebenarnya berlangsung. Jangan buru-buru mikir kalau memilih wakil rakyat itu sia-sia hanya karena kebanyakan dari mereka malah jadi koruptor. Nggak semuanya begitu kok!

Ikut dalam Pemilu sebagai pemilih pemula juga mengajarkan kita gimana menggunakan hak dan kewajiban sebagai warga negara. Jangan bisanya cuma menggerutu karena sistem negara kita yang makin sembrawut.

Pemilu adalah waktunya kita menggunakan hak kita untuk mendukung wakil rakyat yang amanah. Kalau kita sudah ikut memilih, berarti kita sudah berusaha membawa Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Sebagai pemilih pemula, kalian punya andil buat ikut bikin perubahan. Karena suara kalian adalah suara baru yang belum terhitung pada pemilu sebelumnya.

Setelah membahas garis besar pemilihan umum, sekarang saatnya membedah sebenernya siapa aja sih yang boleh jadi pemilih dalam pemilu?

Definisi pemilih itu sendiri adalah setiap warga negara yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih untuk memberikan suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) sesuai ketentuan perundang-undangan.

Ada persyaratan yang harus dipenuhi sebagai pemilih. Ini sudah ditentukan dalam Undang-undang. Apa saja syaratnya?

1. WNI yang berusia 17 tahun atau lebih atau sudah/pernah kawin.

2. Tidak sedang terganggu jiwa/ingatannya.

3. Terdaftar sebagai pemilih.

4. Bukan anggota TNI/Polri.

5. Tidak sedang dicabut hak pilihnya

6. Terdaftar di DPT.

Lantas kenapa harus ikut pemilu? Apa untungnya buat kita? Ada yang tahu?

Keuntungan ikut pemilu buat para pemuda menurut ‪@celupkelingking‬ adalah:

Kita dapat ikut serta menentukan masa depan Indonesia melalui pemimpin yang kita pilih. Selain itu, ikut serta dalam pemilu merupakan hak kita sebagai warga negara Indonesia.

Rugi kan kalo melepaskan hak kita sebagai pemilih?

Coba cek, kamu sudah memenuhi kriteria sebagai pemilih belum? Lalu apakah namamu sudah terdaftar sebagai pemilih?

Banyak orang yang berjuang demi haknya untuk memilih, kita tidak boleh menyia-nyiakan hak kita.
5 Keterlaluin: Kenapa kamu harus ikut pemilu? PEMILIHAN Umum atau Pemilu 2014 sudah di depan mata nih, Sob! Sebagian besar dari kalian pasti semangat nyoblos untuk pertama kalinya ya. Ei...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

< >